Sabtu, 25 Agustus 2012

Tips Foto dengan menggunakan HP (Handphone)


handphone merupakan perangkat mobile yang dilengkapi dengan berbagai fitur, antara lain yang akan kita bahas yaitu kamera handphone.
berdasarkan pengalaman kita dalam memotret dan mencetak foto dari handphone yang kebanyakan dari beberapa orang kualitas fotonya kurang memuaskan, maka kami akan memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memotret menggunakan kamera handphone.

berikut beberapa tips memotret menngunakan kamera handphone untuk semua merk handphone yang ada:
  • Foto di tempat yang TERANG
  • Kamera hanphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat di keremangan. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor (pada siang hari). Jika tersedia, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.
  • Pegang handphone se-stabil mungkinSemakin stabil kamera semakin bagus foto kita. Jadi usahakan selalu agar tangan kita tenang saat mengambil foto. Jika perlu, manfaatkan benda yang lebih stabil sebagai sandaran, misalnya pohon atau tembok sehingga membantu kestabilan tangan. hal ini di lakukan agar foto yang kita ambil tidak kabur.
     
  • Jangan gunakan zoom, mendekatlah ke obyek fotoKamera handphone cenderung memperkecil obyek foto, jadi selalu usahakan agar anda memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Zoom akan menurunkan resolusi foto anda secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam.
     
  • Pilih resolusi tertinggiResolusi tertinggi berarti foto yang dihasilkan memiliki detail lebih banyak dan bisa dicetak lebih besar. Jika kamera memberi pilihan resolusi, pilihlah resolusi tertinggi. Resikonya ukuran file akan lebih besar sehingga memori akan lebih cepat penuh.
     
  • Hindari mengedit foto dari handphoneHandphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik (dan lucu-lucu) baik memberi freme maupun memberi efek efek, sebaiknya anda mengedit foto anda di komputer, maka hasilnya akan jauh lebih bagus karena edit foto di HP terkadang mengurangi kualitas dari foto itu sendiri.
     
  • Jangan membelakangi cahaya
    usahakan tidak membelakangi cahaya terutama matahari karena objek yang kita foto akan memjadi gelap, kecuali hal tersebut yang kita inginkan. beradalah di posisi yang pas.